Tes Kompetensi bagi Jabatan Pengawas dan Pelaksana di Lingkungan Pemerintah Kota Pontianak

14 Maret 2018

Pemerintah Kota Pontianak melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Pontianak menyelenggarakan Tes Kompetensi bagi Pegawai Negeri Sipil dalam Jabatan Pengawas dan PNS dalam Jabatan Pelaksana.

Ditemui di Ruang Rapat Walikota Pontianak saat pelaksanaan Tes Kompetensi, Rabu (14/3/2018), Margaretha, S.STP selaku Kasubbid Analisis dan Pengembangan Karier menjelaskan bahwa Tes Kompetensi ini dilakukan selain dalam rangka mewujudkan tata pemerintahan yang baik dan kelancaran pelaksanaan pembangunan, juga agar penempatan PNS dalam suatu jabatan dapat sesuai dengan kompetensi jabatan yang disyaratkan dalam jabatan tersebut sebagaimana UUD Nomor 5 Tahun 2014 dimana penempatan ASN didasarkan pada aspek kualifikasi, kompetensi dan kinerja. Selain itu nantinya hasil dari tes kompetensi ini dapat digunakan untuk seleksi promosi, rotasi, identifikasi kebutuhan pegawai, dan identifikasi kader potensial untuk pimpinan kedepan, “jelasnya

Lebih lanjut Margaretha menjelaskan bahwa kegiatan penilaian kompetensi jabatan dilakukan melalui Fit and Proper Test dengan menggunakan metode Psikotes, In Try In Basket, Analisa Kasus, serta Leaderless Group Discussion yang diarahkan untuk menganalisa kompetensi kemampuan berpikir, kemampuan mengelola diri, mengelola orang lain, mengelola tugas dan mengelola sosial budaya.

Masih menurut Margaretha kegiatan tersebut akan dilaksanakan selama 6 hari dan diikuti 400 PNS dilingkungan Pemerintah Kota Pontianak yang terdiri dari 19 PNS dalam Jabatan Pengawas dan 381 PNS dalam Jabatan Pelaksana. Dalam pelaksanaannya Pemerintah Kota Pontianak, dalam hal ini BKPSDM Kota Pontianak bekerjasama dengan PT. Persona Optima Indonesia (Persona Consulting) selaku penyedia layanan jasa tenaga ahli psikologi,” tegasnya (FdL)