SELEKSI TERBUKA CALON PEJABAT PIMPINAN TINGGI PRATAMA PEMERINTAH KOTA PONTIANAK

8 November 2017

Berdasarkan Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil serta Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 13 Tahun 2014 tentang Tata Cara Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Secara Terbuka di Lingkungan Instansi Pemerintah, Pemerintah Kota Pontianak mengumumkan pelaksanaan Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama. Seleksi terbuka ini dapat diikuti oleh seluruh Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Pemerintah Kota Pontianak, Pemerintah Kabupaten atau Kota dan Pemerintah Provinsi se-Kalimantan Barat yang memenuhi persyaratan yang telah ditentukan, jelas Khairil Anwar selaku Kepala BKPSDM.

Lebih lanjut Khairil Anwar yang ditemui di ruang kerjannya, Rabu (8/11/2017), menjelaskan bahwa nama-nama Jabatan yang akan diseleksi secara terbuka untuk Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama yakni Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pembangunan, Staf Ahli Bidang Hukum dan Politik, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, dan Kepala Dinas Pangan, Pertanian, dan Perikanan.

Masih menurut Khairil, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh pelamar atau yang akan mengikuti seleksi. Untuk persyaratan umumnya anatar lain, sudah tentu harus berstatus sebagai PNS baik di Lingkungan Pemerintah Kota Pontianak atau Pemerintah Kabupaten/Kota dan juga Pemerintah Provinsi se-Kalimantan Barat. Selain itu berpendidikan minimal sarjana (S1) atau diploma IV, diutamakan telah mengikuti dan lulus Diklat Kepemimpinan Tingkat III atau II, memiliki pengalaman jabatan dalam bidang tugas yang terkait dengan jabatan yang akan diduduki secara kumulatif paling kurang selama 5 (lima) tahun, sedang atau pernah menduduki Jabatan Administrator atau Jabatan Fungsional (JF) jenjang ahli madya paling singkat 2 (dua) tahun, sehat jasmani dan rohani serta usia paling tinggi 56 (lima puluh enam) tahun per tanggal SK penetapan.

Ditambahkan oleh saudara Bari yang menjabat sebagai Kepala Bidang Mutasi dan Pengadaan Aparatur, setiap peserta haruslah berpendidikan minimal sarjana (S1) atau Diploma IV semua bidang diutamakan bidang –bidang yang terkait atau relevan dengan jabatan yang akan dilamar seperti bidang ekonomi, teknik, sosial, hukum dan pemerintahan. Selain itu pernah menduduki jabatan minimal 2 (dua) tahun pada jabatan administrator setingkat esselon III.a dan atau menduduki jabatan minimal 4 (empat) tahun pada jabatan administrator setingkat esselon III.b, serta memiliki pengalaman paling singkat 2 (dua) tahun bagi pelamar yang sedang atau pernah menduduki jabatan fungsional /JF jenjang ahli madya dengan mendapat persetujuan dari atasan langsung.

Lebih lanjut Bari menerangkan bahwa pengumuman pembukaan pendaftaran dilakukan mulai tanggal  8 November 2017 s/d 22 November 2017 Pukul 15.00 Wib dan dapat dilihat pada surat resmi yang dikirimkan ke seluruh Pemerintah Kabupaten/Kota dan Provinsi se-Kalimantan Barat, papan pengumuman serta website Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kota Pontianak dengan alamat  http://bkpsdm.pontianakkota.go.id dan Website Pemerintah Kota Pontianak dengan alamat  www.pontianakkota.go.id.

“Atau untuk lebih jelasnya dapat dapat mendatangi atau menghubungi kami selaku panitia seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi pratama pemerintah kota pontianak di Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kota Pontianak (Komplek Kantor Walikota Pontianak) Jalan. Rahadi Oesman No. 3 Pontianak.  Kontak person : Emi Sulastri, S.IP, M.Si Hp. 085345913777 / Mohammad Bari, S.Sos, M.Si Hp. 081347140956 / Titin Widiyanti, S.STP, M.Si  Hp. 08125622733.”, terang Bari bersemangat.

Semoga Sukses ! (FdL)