SEKRETARIS DAERAH KOTA PONTIANAK MEMBERIKAN ARAHAN DAN SAMBUTAN KEPADA PESERTA SKD

29 Oktober 2018

Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Seleksi CPNS di Lingkungan Kota Pontianak Tahun 2018 resmi dilaksanakan. Bertempat di Gedung Politeknik Tonggak Equator Pontianak sebanyak 4.534 peserta atau pelamar yang lulus seleksi administrasi dan mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar. Untuk hari pertama seleksi akan dibagi menjadi 4 sesi, dimana persesinya akan diikuti sebanyak 120 peserta. Pelaksanaan SKD akan beralangsung selama 9 hari.

Dalam sambutannya Mulyadi selaku Sekretaris Daerah Kota Pontianak, Senin (29/10)  menghimbau agar peserta dapat mengisi soal soal dengan baik, cermat dan teliti. Jangan takut ada kecurangan, kita transparan, jelasnya

Lebih lanjut beliau mengatakan bahwa seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang saat ini tengah dilaksanakan, merupakan langkah awal mewujudkan Smart Aparatur Sipil Negara (ASN). beberapa poin yang harus dimiliki Smart ASN seperti berintegritas yang diwujudkan melalui seleksi CPNS menggunakan sistem Computer Assissted Test (CAT). Dalam hal ini, kemampuan peserta tes menentukan lolos atau tidaknya tanpa ada bantuan dari pihak manapun.

“Poin kedua yang harus dimiliki Smart ASN adalah nasionalisme, yang diwujudkan dengan tiga soal tes yang ada pada tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), yakni Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). Poin ketiga harus memiliki wawasan global, karena tidak dapat dipungkiri saat ini dunia telah memasuki revolusi industri 4.0 yang ditunjukkan dengan penggunaan teknologi informasi. Jika aparatur negara tidak memiliki wawasan global maka tidak dapat mengantisipasi isu yang berkembang di dunia., jelasnya (FdL)