Rapat Koordinasi Pelaksanaan Pengadaan CPNS Tahun 2018

10 September 2018

Ditemui usai mengikuti Rapat Koordinasi Pelaksanaan Pengadaan CPNS di Lingkungan Pemerintah Daerah Tahun 2018 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) di hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (6/9/2018).

Fadli selaku Kasubbid Kepangkatan dan Pengadaan Aparatur BKPSDM Kota Pontianak menjelaskan bahwa rapat koordinasi tersebut untuk penyampaian rincian penetapan formasi CPNS 2018. Selain itu juga untuk mengetahui sejauh mana persiapan untuk pengadaan CPNS 2018.

Lebih lanjut Fadli menjelaskan bahwa MenpanRB Sayfruddin hadir dan memberikan arahan kepada seluruh kepala daerah yang hadir. Arahan tersebut berupa bagaimana mewujudkan PNS yang profesional sebagai pondasi menuju birokrasi yang berkelas dunia. Dalam mewujudkan itu tentunya dibutuhkan sistem rekruitmen yang baik. Rekruitmen yang baik adalah seleksi yang berbasis kompetensi dan pelaksanaan seleksi yang bersih, objektif, transparan, kompetitif dan bebas unsur korupsi, kolusi dan nepotisme.

Masih menurut Fadli Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana juga memaparkan mengenai sistem pendaftaran CPNS melalui SSCN dan pelaksanaan seleksi.

Sebagai informasi, pemerintah akan membuka kembali seleksi CPNS di tahun 2018. Rencanannya pembukaan akan dilakukan pada bulan ini. Yang berbeda pada seleksi CPNS tahun ini adalah akan ada formasi khusus yang disiapkan oleh pemerintah. Formasi khusus ini disiapkan dan di luar dari formasi umum yang akan dibuka.

Rencananya akan ada 238.015 formasi yang dibuka, 51.271 formasi untuk instansi pusat yang rencananya akan ditempatkan di 76Kementrian atau Lembaga Negara serta 186.744 formasi untuk Instansi Daerah yang akan ditempatkan di 525 Pemerintah daerah baik di tingkat Provinsi ataupun Kabupaten dan Kota, jelas Fadli mengakhiri. (FdL)