PRILAKU HIDUP SEHAT TINGKATKAN PRODUKTIVITAS PNS

31 Agustus 2019

Setiap diri PNS selaku aparatur pemerintah harus mampu menunjukkan kinerja  produktif dan profesional, terutama dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat karenanya perlu mengutamakan prilaku hidup sehat.
“Kemampuan aparatur untuk memberikan pelayanan prima dipengaruhi banyak faktor, diantaranya selalu berolahraga,” kata M. Yamin salah seorang PNS yang bertugas di BAPPEDA Kota Pontianak yang ditemui usai bermain futsal bersama rekan rekan PNS Pemerintah Kota Pontianak. Masih menurut Yamin, PNS seharusnya berupaya meningkatkan kebugaran jasmani dan memelihara kesehatannya, PNS perlu berolahraga secara teratur. Kurangnya berolahraga dan berprilaku hidup sehat dapat mengakibatkan berbagai gangguan kesehatan. Padahal, saat ini sudah menjadi tuntutan masyarakat dan tantangan bagi PNS untuk mampu memberikan pelayanan maksimal. Sehingga, faktor kesehatan merupakan salah satu syarat utama bagi setiap aparatur agar mampu menjalankan kewajibannya secara baik, jelas Yamin.

“Banyak Penyakit mengancam masyarakat terutama yang tidak berprilaku hidup sehat. Kondisi ini hendaknya menjadi peringatan bagi PNS untuk selalu menjaga kesehatannya, sehingga mampu berproduktivitas,” jelas Indra menambahkan..
Indra salah seorang PNS pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Pontianak rutin bermain futsal, menurutnya ia bermain futsal dua kali dalam satu minggu. Hari Selasa dan Hari Sabtu, Pemerintah Kota Pontianak memfasilitasi PNS Kota Pontianak untuk bermain Futsal, Sepakbola, badminton dan olahraga lainnya, jelasnya.

Selain sehat, bermain futsal juga tambah mempererat persaudaraan kita, kami disini sudah seperti keluarga, “ ujar Dani, PNS pada Dinas Perhubungan Kota Pontianak. Dani juga menambahkan banyak informasi, pengetahuan dan wawasan yang ia dapatkan saat berkumpul bermain futsal.

“Maen Futsal untok njage badan tetap bugar,” jelas Bang Alex salah seorang guru yang juga rutin bermain futsal, dan sepakbola Dengan olahraga, tubuh dapat menjadi lebih segar dan sehat.

Kegiatan olahraga bersama ini bertujuan untuk membentuk soliditas, kebersamaan, dan menumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan, serta mempererat tali silaturahmi selain tentunya untuk meningkatkan kesehatan, jelas Fadli salah seorang PNS pada BKPSDM Kota Pontianak yang juga rutin bermain futsal dan sepakbola bersama PNS Pemerintah Kota Pontianak lainnya. “Ketika jiwa dan raga kita sehat maka hal tersebut dapat menunjang kelancaran dan kesuksesan pelaksanaan tugas kita sehari hari,” ujarnya.

Setelah bermain Futsal bersama terlihat para PNS Kota Pontianak tersebut berbincang santai, begurau dan  saling ingat mengingatkan perkara yang baik. (FdL)