PENEGAKAN DISIPLIN PNS

24 Agustus 2018

Disiplin adalah sikap kesediaan dan kerelaan seseorang untuk mentaati norma-norma dan peraturan yang berlaku. Tujuan utama penegakan disiplin kerja adalah untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas kerja secara maksimal.

Ditanya mengenai disiplin, Triyo Markisman selaku Kasubbid Didiplin BKPSDM Kota Pontianak menjelaskan bahwa disiplin adalah sikap, tingkah laku dan perbuatan yang sesuai dengan peraturan dari organisasi baik yang tertulis maupun yang tidak tertulis. Untuk itu ia menghimbau dan mengajak seluruh PNS di Lingkungan Pemerintah Kota Pontianak untuk menciptakan lingkungan kerja yang tertib, efisiensi dan efektif melalui suatu sistem pengaturan yang tepat.

Lebih lanjut Triyo menjelaskan bahwa untuk menegakan disiplin kerja bagi Pegawai Negeri Sipil ada beberapa hal yang dapat dilakukan diantaranya punishment  atau pemberian hukuman dan reward atau pemberian hadiah, artinya, pegawai yang melanggar disiplin harus dihukum sesuai ketentuan yang berlaku dan pegawai yang benar-benar menjalankan disiplin perlu diberikan penghargaan atau hadiah sesuai prestasi kerja.

Masih menurut Triyo, disiplin yang paling baik adalah disiplin diri sendiri. Jika penerapan penegakan disiplin bagi PNS sudah dapat diwujudkan maka akan tercapai peningkatan kinerja yang pada gilirannya akan terpenuhi pelayanan publik yang prima. Karena pada hakekatnya pelayanan publik adalah pemberian pelayanan prima kepada masyarakat yang merupakan perwujudan kewajiban aparatur pemerintah sebagai abdi masyarakat, jelasnya semangat (FdL)