Evaluasi Dan Pemutakhiran Data Aplikasi Pelayanan Asn Serta Pemahaman Perka 24 Tahun 2017 Di Kecamatan Pontianak Selatan

25 April 2018

Dalam rangka peningkatan dan percepatan pelayanan kepegawaian yang efektif dan efisien serta terpenuhinya hak-hak administrasi kepegawaian PNS di lingkungan Pemerintah Kota Pontianak dengan tepat, cepat dan akurat, Sub Bidang Kepangkatan dan Pengadaan Aparatur BKPSDM Kota Pontianak pada hari Kamis (25/4/2018) kembali memberikan pemahaman mengenai aturan kepegawaian tentang Cuti PNS sekaligus pada Kecamatan Pontianak Selatan Kota Pontianak yang bertempat di Ruang Rapat Kantor Camat Pontianak Selatan Kota Pontianak.

Kegiatan yang dihadiri Sekretaris Kecamatan Pontianak Selatan, para Lurah di wilayah Kecamatan Pontianak Selatan beserta pengelola Kepegawaiannya berlangsung menarik. Pertanyaan yang masuk kebanyakan seputar permasalahan  cuti dan kenaikan pangkat. Beberapa Lurah menyampaikan kondisi aparatur di bawah ruang lingkupnya. Hal tersebut langsung mendapat tanggapan dari Kepala Bidang Mutasi dan Pengadaan Aparatur BKPSDM Kota Pontianak Mohammad Bari.

Menurut Sutrisno salah seorang Lurah di wilayah Kecamatan Pontianak Selatan, masih terdapat multitafsir mengartikan aturan pemberian cuti sehingga tercipta ketidak seragaman pemahaman akan ketentuan mengenai cuti.  Diantaranya menurut Sutrisno masih ada pegawai di lingkungannya yang meminta izin tidak masuk kerja dikarnakan anaknya sakit dan ada keperluan lainnya serta ketika istri melahirkan yang kondisinya memerlukan pendampingan suami.

Mendapati permasalahan permasalahan tersebut, “Untuk itulah kami melakukan evaluasi dan pemutakhiran data aplikasi layanan kepegawaian serta memberikan pemahaman mengenai aturan kepegawaian tentang Cuti PNS sebagimana Peraturan Kepala BKN (Perka BKN) Nomor 24 Tahun 2017 tentang Tata Cara Pemberian Cuti PNS, sehingga ada keseragaman pemahaman mengenai tata cara pemberian cuti serta layanan administrasi kepegawaian lainnya,” jelas Fadli selaku narasumber. (FdL)