BKPSDM Kota Pontianak Selenggarakan Diklatpim Tk. IV Tahun 2018

23 Juli 2018

Menurut Retno selaku Kasubbid Pendidikan dan Pelatihan BKPSDM Kota Pontianak saat ditemui di Upelkes Dinas Kesehatan Kalbar Jalan 28 Oktober Pontianak, Senin (23/7/2018), “Diklatpim merupakan diklat yang diselenggarakan untuk mencapai persyaratan kompetensi kepemimpinan aparatur pemerintah yang sesuai dengan jenjang jabatan struktural. Dan saat ini diklatpim menggunakan pola baru dengan tata cara yang berbeda dengan diklatpim sebelumnya. Perbedaan tersebut terletak pada syarat kepesertaan, durasi waktu, tata cara pelaksanaan, peran pimpinan peserta, substansi materi, hasil dan produk akhir, dan beberapa hal lainnya.

Lebih lanjut Retno menjelaskan bahwa tujuan dari diselenggarakannya diklatpim ini untuk membentuk kepemimpinan operasional pejabat eselon IV yang akan berperan dalam tugas dan fungsinya di instansinya masing-masing.

Selain itu lebih lanjut Retno menjelaskan bahwa saat diklatpim Tk. IV, kompetensi yang ingin dibangun adalah kompetensi dalam kepemimpinan operasional yakni kemampuan membuat perencanaan kegiatan instansi dan memimpin keberhasilan implementasi pelaksanaan kegiatan tersebut, yang keberhasilannya diindikasikan dengan adanya berbagai kemampuan yang ada pada peserta seperti sikap karakter yang berintegritas, mampu membuat perencanaan kegiatan instansi, inovasi, dan sebagainya,”

Untuk itu Retno berharap para peserta nantinya dapat memenuhi persyaratan administrasi  yang dipersyaratkan serta dapat mengikuti tahapan tahapan kegiatan di dalam penyelenggaraan Diklatpin IV tersebut dengan baik.” jelasnya bersemangat. (Fdl)