27 Juni 2018 saat PIlkada serentak sebagai hari libur nasional

26 Juni 2018

Pemerintah telah menetapkan tanggal 27 Juni 2018 atau saat penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak sebagai hari libur nasional. Hal tersebut menurut Kepala BKPSDM Multi Juto tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres), yakni Keputusan Presiden Nomor 15 Tahun 2018 tentang Hari Pemungutan Suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2018 sebagai Hari Libur Nasional.

Masih menurut Multi bahwa jika ada instansi atau perusahaan, bahkan seorang majikan atau atasan yang tidak memeberikan kesempatan kepada karyawan atau pekerjanya untuk suaranya pada hari pemungutan suara kecuali dengan alasan bahwa pekerjaan tersebut tidak bisa ditinggalkan atau dengan kata lain instansi atau perusahaan tersebut tidak mematuhi keharusan libur tersebut terdapat sanksi yang bisa dijatuhkan. “Kalau ada yang tidak meliburkan, bisa kena sanksi pidana karena menghalangi hak konstitusional (warga negara) untuk memberi suaranya,” ujarnya.

Multi berharap PNS Pemerintah Kota Pontianak dapat mengunakan hak pilihnya dengan baik dan tetap menjaga netralitasnya selaku bagian dari Aparatur Sipil Negara. (FdL)